Soal dan Jawaban UP PPG 2025 untuk Guru

Featured Image

Soal dan Jawaban UP PPG Guru Tertentu 2025

Ujian Pengetahuan (UP) merupakan salah satu tahap penting dalam proses sertifikasi guru di Indonesia. UP bertujuan untuk menilai pemahaman, keterampilan, serta penguasaan teori dan praktik pembelajaran yang telah dipelajari selama program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Hasil dari ujian ini sangat berpengaruh terhadap kelulusan peserta dalam program sertifikasi guru.

Berikut adalah beberapa contoh soal beserta kunci jawaban dari UP PPG Guru Tertentu tahun 2025:

1. Strategi Pembelajaran dalam Materi Peluang

Dalam menghadapi materi peluang yang kurang menarik bagi siswa, strategi pembelajaran berbasis bimbingan konseling yang efektif adalah...

a. Konselor hadir untuk mendukung peserta didik saat mereka membutuhkan bantuan.
b. Memberikan tugas individu yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemandirian belajar.
c. Menggunakan buku teks sebagai sumber utama dalam pembelajaran.
d. Mengulang materi peluang dengan metode yang konsisten dan terstruktur.
e. Mengadakan sesi diskusi kelompok yang dipandu oleh konselor untuk mengaitkan konsep peluang dengan pengalaman hidup peserta didik.

Jawaban: e. Mengadakan sesi diskusi kelompok yang dipandu oleh konselor untuk mengaitkan konsep peluang dengan pengalaman hidup peserta didik.

2. Penerapan TPACK dalam Pembelajaran Statistika

Materi statistika yang disajikan masih menggunakan contoh pengumpulan data manual. Untuk mencapai pembelajaran berbasis TPACK, guru sebaiknya...

a. Memberikan tugas mengisi tabel data buatan guru tanpa membiarkan siswa melakukan eksplorasi data sendiri.
b. Menyuruh siswa membawa buku statistik lalu membaca bersama di kelas.
c. Memberikan contoh soal data populasi buatan dan membahas langsung jawaban di papan tulis.
d. Meminta siswa menghafal rumus rata-rata, median, dan modus tanpa menggunakan data aktual.
e. Menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data dari siswa secara real-time lalu mengolah data bersama spreadsheet daring.

Jawaban: e. Menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data dari siswa secara real-time lalu mengolah data bersama spreadsheet daring.

3. Tujuan Pembelajaran tentang Jenis Biji Tanaman

Ibu Rizki sedang mengajarkan tentang jenis biji pada tanaman di madrasah ibtidaiyah. Ibu Dian memberikan tugas di rumah secara berkelompok untuk melakukan pengamatan jenis biji pada tanaman di sekitar rumah masing-masing. Siswa menemukan beragam jenis biji pada tanaman. Pada saat pembelajaran di kelas, Ibu Rizki meminta setiap kelompok menjelaskan fungsi biji pada tanaman yang telah diamati.

Rumusan tujuan pembelajaran yang tepat adalah...

a. Siswa dapat melakukan eksperimen tentang pertumbuhan biji tanaman.
b. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian biji tanaman.
c. Siswa dapat menjelaskan peran tanaman pada pertumbuhan biji.
d. Siswa dapat deskripsikan berbagai jenis biji tanaman.
e. Siswa dapat menganalisis struktur dan peran biji tanaman dalam perkembangbiakan.

Jawaban: e. Siswa dapat menganalisis struktur dan peran biji tanaman dalam perkembangbiakan.

4. Instrumen Asesmen Proses Belajar

Saat siswa belajar mengklasifikasikan bangun ruang berdasarkan sifat-sifatnya, instrumen asesmen proses belajar yang tepat dilakukan guru adalah...

a. Tes pilihan ganda tentang rumus volume bangun ruang.
b. Catatan tentang keterlibatan mahasiswa dalam diskusi klasifikasi bangun ruang.
c. Lembar kerja yang dikumpulkan dan dinilai setelah aktivitas klarifikasi.
d. Tugas proyek membuat model tiga dimensi bangun ruang.
e. Angkat refleksi tentang kesulitan memahami sifat bangun ruang.

Jawaban: b. Catatan tentang keterlibatan mahasiswa dalam diskusi klasifikasi bangun ruang.

5. Indikator Tujuan Pembelajaran Perbandingan

Dalam pembelajaran materi perbandingan, guru menghadapi peserta didik dengan gaya kognitif reflektif yang cenderung menganalisa sebelum bertindak. Guru ingin merumuskan indikator tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Indikator yang paling tepat adalah...

a. Peserta didik dapat menghafal rumus perbandingan yang benar.
b. Peserta didik dapat menyalin contoh soal perbandingan dari buku.
c. Peserta didik dapat membuat modul perbandingan baru berdasarkan situasi sehari-hari yang berbeda.
d. Peserta didik dapat mengulang kembali definisi perbandingan secara lisan.
e. Peserta didik dapat mengidentifikasi perbandingan yang diberikan tanpa dimodifikasi.

Jawaban: c. Peserta didik dapat membuat modul perbandingan baru berdasarkan situasi sehari-hari yang berbeda.

0 Komentar